Cara Membuat Artikel Blog SEO Agar di Sukai Google

Cara Membuat Artikel Blog SEO Agar di Sukai Google

Bagaimana cara membuat postingan blog yang seo supaya mudah di indeks mesin pencarian dan berada di halaman Google? Mungkin ini adalah pertanyaan sejuta umat blogger di seluruh dunia. Disini saya bukan sok untuk menggurui atau sok menjadi mastah. Sebab disini saya juga seorang blogger pemula yang hingga saat ini masih perlu banyak belajar. Dan hal-hal yang akan saya bagikan di artikel ini adalah beberapa hal yang telah saya pelajari dari blog ke blog yang ada di Internet. Dari pada saya makan sendiri saya pikir alangkah baiknya saya membagikan juga melalui tulisan di blog panduanric ini.

Blogger mana yang tidak menginginkan postingannya berada di halaman satu google? Saya rasa setiap blogger sangat menginginkan hal tersebut. Sebab hal ini benar-benar memberikan kepuasan dan juga rasa tersendiri bagi setiap blogger tak terkecuali saya sendiri. Namun untuk mewujudkan hal tersebut memang kita sebagai blogger khususnya yang pemula seperti saya harus banyak belajar dan juga kerja cukup ekstra keras. Ditambah lagi jika artikel yang kita buat memiliki ribuan bahkan ratusan ribu pesaing di mesin pencarian.

Membuat Artikel Blog yang di Sukai Google

Meskipun demikian bukan berarti kita harus menyerah begitu saja. Sebab memang ada beberapa cara yang sudah dibagikan oleh banyak mastah blogger yang bertebaran di Internet untuk supaya postingan berada di halaman awal google. Dan berikut sudah saya kemas beberapa cara yang paling banyak saya temukan di jagat internet khususnya di dunia perbloggeran.

Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly

Silahkan Anda simak dengan sebaik mungkin cara berikut ini:

1. Fokuskan pada 1-2 LongTail Keywords

Apa itu Long Tail Keywords?
Long tail keywords adalah sebuah kata kunci panjang yang terdiri dari 2-3 kata. Contoh dari Long Tail Keywords ini misalnya Artikel Blog SEO.

Nah ada juga beberapa aturan untuk memasukkan keywords ini yaitu, usahakan jangan terlalu banyak di ulang sehingga tidak akan dianggap spam oleh mesin pencarian seperti google. Posisi yang tepat untuk memasukkan keywords ini adalah:
  • Title, usahakan untuk memasukan kata kunci ini di judul postingan. Sedangkan untuk judul postingan maksimal adalah 70 kata.
  • Body, ini berada di dalam isi artikel. Paling bagus adalah di awal, tengah, dan juga akhir artikel.
  • URL, jangan pernah remehkan url artikel Anda. Usahakan juga permalink atau url postingan anda mengandung kata kunci.
  • Meta Deskripsi, jangan lupa juga untuk memasukan keywords di meta deskripsi atau deskripsi penelusuran.
Untuk Anda pengguna blogger, letak meta deskripsi bisa Anda temukan dibagian sebelah kanan menu blogger Anda, lihat gambar dibawah:




2. Gunakan Template yang Responsive



Template blog yang responsive juga ikut berperan pada artikel yang kita buat untuk menduduki halaman utama mesin pencarian. Sebab template yang responsive akan memudahkan pengunjung yang datang ke blog kita untuk menavigasi seluruh isi artikel blog kita dengan nyaman.

Seperti yang telah di utarakan oleh Google, bahwa pihaknya lebih menyukai dan mengutamakan sebuah blog yang mementingkan kenyamanan pengunjung. Nah template yang responsive ini adalah salah satu upaya kita untuk membuat pengunjung lebih nyaman saat berada di blog kita.

Banyak template responsive yang bisa Anda temukan dan dapatkan secara gratis maupun berbayar. Namun biasanya versi berbayar memang lebih di unggulkan oleh pembuat tempalate itu sendiri terutama dalam segi SEO. Jika saya boleh menyarankan, silahkan Anda mencari template responsive di bloge Kompiajaib.

3. Menggunakan Tag Canonical

Tag Canonical adalah sebuah tag yang dibutuhkan sebuah blog supaya blog untuk menghindari adanya duplicate content. Ya, duplicate content juga harus kita cegah supaya blog kita tidak dianggap spam oleh google yang bisa berakibat fatal terhadap blog itu sendiri. Nah untuk memang tag ini silahkan Anda copy dan paste kode berikut tepat di bawah kode <head>
<link rel="canonical" href="INSERT INDEXED PAGE URL"/>
4. Manfaatkan Internal Link

Hal yang satu ini juga tak kalah penting untuk menunjang artikel blog supaya lebih seo. Usahakan Anda memasukkan satu link internal ( tautan ke postingan lain di blog Anda ), dan juga satu eksternal link ( tautan ke web atau blog lain ). Namun harap pastikan juga tautan eksternal menuju ke web atau blog yang memiliki reputasi baik, contoh Wikipedia.

5. Optimasi Gambar Postingan

Gambar yang kita masukkan ke dalam artikel juga membutuhkan optimasi untuk menunjang artikel lebih seo. Salah satunya adalah mengubah nama gambar dari yang tadinya misal, IMG00893.JPG menjadi artikel-blog-seo.jpg.

Dan jangan lupa pula untuk mengoptimasi gambar lebih lanjut dengan memasukan deskripsi gambar yang berupa title text dan juga alt text dengan cara klik gambar dalam artikel yang dibuat kemudian pilih properties.


6. Submit Artikel ke Search Console

Yang satu ini juga tak kalah penting, usahakan setiap Anda selesai menerbitkan sebuah postingan atau artikel submit url artikel Anda ke web master milik google ini. Hal ini ditujukan supaya artikel yang baru saja Anda terbitkan lebih cepat dikenali oleh google dan lebih cepat untuk di Indeks mesin pencarian google.

Silahkan masuk ke halaman Submit Url untuk mensubmit url artikel yang baru saja Anda terbitkan.

Nah demikianlah sedikit artikel dari saya dengan pembahasan cara membuat artikel blog seo. Semoga saja artikel ini dapat memberikan manfaat dan pembelajaran bagi kita sesama blogger pemula. Dan semoga kita semua bisa sukses dengan blog yang sedang kita bagun, amin.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar