Apakah Domain Gratisan dari Freenom Memiliki Kualitas Buruk?

Apakah Domain Gratisan dari Freenom Memiliki Kualitas Buruk?

Jika sudah masuk ke dunia blogger tentu saja sudah tidak akan asing lagi dengan yang namana domain ataupun subdomain. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa biasanya seorang blogger pemula sangan mengidamkan sebuah nama domain sendiri. Namun terkadang mereka sungkan untuk membayar sebuah domain yang mereka inginkan. Dengan kata lain ingin domain yang gratisan namun ingin mendapatkan yang kualitasnya jos gandos.

Mau sampai kapanpun yang namanya gratisan pasti tidak akan seberkualitas yang berbayar lah bosku. Orang yang berbayar saja terkadang masih cukup banyak kekurangan kok, apalagi yang gratis. Cukup sangat mustahil saya rasa jika gratisan memiliki kualitas yang bagus.


Jika Anda memang ingin serius ngeblog ya harus mau modal bos. Mengandalkan gratisan saya rasa akan sulit untuk berkembang. Memang ada domain gratis dari freenom seperti .tk .ga .ml .gq .cf, namun menurut banyak sumber domain ini jauh dari kata berkualitas.

Alasan Mengapa Domain Dari Freenom Berkualitas Buruk

1. Dianggap Domain Spam Oleh Google

Domain dari gratis dari freenom sudah dianggap spam oleh google. Namun ini bukan kesalahan dari pihak freenom, melainkan tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan domain freenom untuk tindakan negatif seperti web phesing.

Dengan banyaknya oknum yang menyalahgunakan domain tersebut kini Google sudah menganggap reputasi kelima ekstensi domain tersebut sudah sangat buruk. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel tentang Bahaya Menggunakan Domain Gratisan dari Freenom.

2. Blog Anda Menjadi Terlihat Tidak Berkualitas

Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas. Domain dari freenom ini sudah sangat dikenal di internet dengan domain yang sering digunakan untuk tindakan penipuan seperti web phesing. Sehingga domain gratis dari freenom ini selain sudah jelek di kata google juga jelek dimata banyak pengguna Internet.

3. Susah untuk Diterima Google Adsense

Jika Anda sudah berkecimbung di dunia blogger tentu saja Anda tidak akan asing lagi dengan nama Google Adsense. Ya sebuah perusahaan periklanan milik google yang membantu kita para blogger mendapatkan penghasilan sebagai publiser iklan.

Umumnya seorang blogger sangat ingin menjalin kerja sama dengan google adsense ini. Namun sayangnya untuk mendapatkan akun Google Adsense banyak sekali pertauran yang harus di patuhi blog Anda.

Salah satunya adalah, blog Anda harus kaya konten dan juga memiliki kualitas baik di mata pengunjung.

Jika melihat dari reputasi domain gratis dari freenom tentu akan sangat sulit di terima Google Adsense, sebab sudah jelas menyalahi peraturan dari Adsense itu sendiri. Ya walauapun masih ada yang diterima, namun itu hanya beberapa saja.

4. Susah Untuk Nagkring di Halaman Utama Google

Apa tujuan Anda menjadi blogger? Tentu adalah menulis dan ingin tulisan Anda di baca banyak orang bukan? Dan sisanya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari Internet.

Nah untuk mendapatkan penghasilan yang pasti lewat blogger Anda membutuhkan yang namanya pengunjung. Dan pengunjung ini datangnya dari halaman pencarian Google.

Jika blog Anda susah masuk ke halaman pencarian google karena satu alasan yakni domain gratis dari freenom, tentu Anda tidak akan mendapatkan pengunjung ke blog Anda. Dan itu berarti akan sangat sulit untuk menghasilkan uang melaui blog.

Penyebab Domain Gratis dari Freenom Susah Masuk Page One

Nah jika Anda bertanya mengapa domain dari freenom ini sangat sudah masuk page one SERP di Indonesia, jawabannya adalah, domain dari freenom adalah domain ccTLD bukan domain TLD, domain ccTLD ini lebih tertarget untuk mendapatkan visitor dari 1 negara, contohnya domain .id target pengunjung indonesia, .us target pengunjung amerika.
  • Domain .ml target pengunjung dari negara Mali.
  • Domain .cf target pengunjung dari negara Africa.
  • Domain .gq target pengunjung dari negara Equatorial Guinea.
  • Domain .ga target pengunjung dari negara Gabon.
  • Domain .tk target pengunjung dari negara Tokalu.
Loh tapi kan kita bisa mengubah targetnya mas. Itu dulu, sekarang sudah tidak akan bisa lagi. Sebab Google sudah melakukan update algoritma ccTLD. Sekarang ini domain ccTLD sudah disesuaikan dengan target negara dari domainya.

5. Domain Anda Dapat di Nonaktifkan Kapan Saja oleh Freenom

Ini yang terakhir, yang namanya gratisan Anda harus siap jika sewaktu-waktu domain yang Anda miliki di nonaktifkan tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Sebab Anda sendiri memang tidak memiliki hak penuh terhadap domain tersebut.

Mau marah-marah sama pihak freenom? Percumah saja bosku. Mereka tidak akan menggubrisnya. Sebab domain tersebut memang bukan hak Anda sepenuhnya.

Lalu Solusinya mas?

Nah ini solusi terbaiknya. Jika Anda memang ingin mendapatkan domain untuk blog Anda silahkan Anda mengeluarkan modal sekitar 115.000 / tahun. Pertahun lo itu bos, murahlah kalau menurut saya.

Namun jika nekat ingin menggunakan gratisan, saya sangat menyarankan Anda tetap menggunakan subdomain dari blogger saja.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar