8 Penyebab Blog Sepi Pengunjung atau Trafik Blog Menurun

Sebagai seorang blogger pastinya pernah merasakan masalah blog sepi pengunjung. Penyebab blog sepi pengunjung sendiri ada banyak faktornya. Namun jika Anda adalah blogger pemula atau blog Anda yang masih terbilang baru berumur beberapa hari hal ini bisa dikatakan sebuah hal yang wajar. Fakta menarik yang Anda ketahui tentang blog sepi pengunjung ini tidak hanya dirasakan oleh blogger pemula. Namun banyak juga mereka yang sudah lama ngeblog atau bisa dikatakan bangkotan dalam dunia Blogging juga masih kerap kali mengalami masalah yang satu ini.

Masalah blog sepi visitor ini adalah salah satu masalah yang paling tidak disukai oleh para blogger. Bagaimana tidak kesal? Sudah capek-capek nulis, mikir sana-sini, menerapkan berbagai strategi eh blognya masih juga sepi. Ya, saya juga merasakan hal seperti itu di beberapa blog saya. Kesal memang rasanya, namun tidak ada cara lain selain terus berusaha mencari akar permasalahan dan segera untuk menyelesaikannya.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung atau Trafik Blog Menurun

Perlu di pahami, di dalam dunia blogging kita tidak bisa hanya mengandalkan menulis dan menulis terus-terusan dan mengarapkan akan mendapatkan banyak pengunjung. Namun ada beberapa hal yang menurut perlu untuk dilakukan seperti share artikel, SEO, banklink dan masih banyak hal sebagainya. Semua itu dilakukan dengan tujuan supaya artikel dan blog yang kita bangun bisa dengan segera terindek oleh mesin pencarian.

Namun tidak sedikit pula yang merasa sudah menarapkan beberapa cara diatas supaya blog mulai ramai pengunjung tapi tidak juga kunjung ramai. Dan berikut ini adalah beberapa permasalahan atau penyebab blog sepi visitor.

1. Masalah di konten yang kurang berkualitas

Untuk mendapatkan pengunjung di blog yang kita miliki tentunya kita membutuhkan konten yang memiliki kualitas. Memiliki struktur yang jelas dan isi konten yang mudah untuk dipahami oleh pengunjung. Jika konten yang Anda buat terlalu berbelit-belit atau justru asal-asalan siapa coba yang akan tertarik dengan konten seperti itu? Dalam sebuah blog, konten adalah sajian utama yang harus kita suguhkan dengan penuh perhatian di segi kualitas dan keoriginalan. Dengan begitu blog yang kita miliki akan lebih banyak memiliki peminat ( pengunjung ), di tambah bonus pengunjung akan lebih betah untuk berlama di dalam blog yang kita miliki karena di suguhkan konten yang menarik dan berkualitas.

2. Konten blog Anda musiman

Nah konten jenis ini memang bisa meningkatkan pengunjung blog beberapa kali lipat pada saat pertama kali ditulis dan masih hangat. Maksud konten musiman sendiri adalah hanya ramai pada saat sedang trend saja. Contohnya konten tentang Om Telolet Om yang sempat viral beberapa saat lalu. Ketika konten tersebut masih hangat maka kemungkinan blog Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Namun ketika konten tersebut sudah mulai redup maka visitor blog pun akan langsung anjlok jika tidak di isi dengan konten viral yang sedang trend.

Untuk itulah sangat saya sarankan untuk membuat konten yang abadi misalnya tutorial seperti cara supaya status facebook banyak yang like komentar.

3. Jumlah artikel blog masih sedikit

Jumlah artikel pada blog juga bisa mempengaruhi banyak sedikitnya pengunjung pada blog itu sendiri loh. Semakin banyak artikel yang Anda tulis pada blog Anda, maka akan memiliki peluang lebih besar pula blog Anda akan di index oleh mesih pencarian melalui artikel-artikel tersebut.

Untuk itu saya sangat menyarankan kepada Anda jika Anda masih baru membuat blog, rajinlah-rajinlah untuk membuat artikel dan menerbitkannya sebanyak 1-2 artikel atau lebih setiap harinya. Hal ini akan memberikan blog Anda peluang lebih untuk masuk ke dalam mesin pencarian.

4. Loading blog berat

Kita ini tinggal di Indonesia yang bisa dikatakan kecepatan Internet di Indonesia sungguh lambat. Aplagi mereka yang tinggal di daerah pedalaman. Dengan koneksi internet yang lambat ini tentu saja mereka akan sangat jengkel jika sedang browsing dan menemukan sebuah blog dengan loading yang berat atau lambat. Jika mereka merasa blog anda terlalu memiliki loading yang berat akan banyak kemungkinan mereka akan langsung menutup blog anda untuk kemudian mencari informasi terkait di blog yang lain.

Pengunjung yang tiba-tiba menutup blog Anda karena loading berat akan memberikan dampak negatif terhadap blog Anda di mesin pencarian. Karena mesin pencarian pastinya akan memberikan pengunjung sajian blog yang mudah diakses. Jika blog anda berat dan memiliki rasio pentalan yang besar dari pengunjung maka artikel anda akan di geser ke jurang mesin pencarian.

5. Posisi artikel ada di jurang mesin pencarian

Hal lain yang membuat blog Anda sepi pengunjung adalah, kemungkinan posisi artikel blog anda ada di dijurang mesin pencarian atau di tidak masuk 10 besar di mesin pencarian. Seperti yang kita tau saat ini persaingan perebutan posisi utama halaman pencarian sangat sengit. Ada banyak blogger yang bersaing untuk memperebutkan posisi halaman utama mesin penacarian yang hanya akan berisikan 10 blog terbaik menurut mesin pencarian. Hal yang harus Anda lakukan untuk bisa ikut memperebutkan halaman ini adalah memperdalam lagi ilmu SEO Anda.

6. Tidak memperdulikan SEO

Sebagai seorang pengelola blog atau website Anda tidak boleh istilahnya cuek dengan seo atau mengabaikan SEO jika Anda ingin blog atau website yang Anda miliki mendapatkan banyak pengunjung. Ya setidaknya Anda paham apa penting alexa dalam SEO, pentingnya update artikel rutin atau terjadwal dalam SEO, pentingnya blogwalking untuk SEO dan yang terpenting adalah pentingnya mempertahankan blog Anda.

Karena sekalinya peringkat blog Anda turun dari mesin pencarian akan sulit untuk kembali lagi naik. Kesalahan sedikit saja tentang SEO maka akan berakibat buruk terhadap blog Anda. Melakukan update artikel secara rutin dan terjadwal itu bisa dikatakan Anda memperdulikan SEO blog Anda.

7. Pengaruh template blog

Sebagai blogger pemula biasanya akan memilih template blognya dengan tampilan yang terlalu ramai supaya terlihat keren. Banyak widget-widget tidak penting yang memperlambat loading blog justru mereka pasang supaya terlihat keren. Padahal hal tersebut justru akan berakibat tidak baik untuk blog yang mereka kelola.

Silahkan pilih template blog yang simple, ringat dan loadingnya tidak berat. Hal ini juga akan membantu blog anda di sukai oleh pengunjung karena blog Anda akan lebih mudah untuk diakses dan memiliki loading yang ringan. Tidak hanya itu, template yang simple dan fastloading juga disukai oleh mesin pencarian. Sehingga akan meningkatkan kemungkinan blog Anda akan nangkring di halaman utama mesin pencarian.

8. Artikel copy paste

Anda pasti tau dong moto mesin pencarian pencarian seperti Google? Moto utamanya adalah menyediakan konten berkualitas serta original di halaman mesin pencarian terhadap para pengunjung. Sehingga jika konten Anda adalah hasil copy paste maka akan dipastikan blog anda akan sulit untuk nangkring di halaman utama Google dan berpotensi tidak akan mendapatkan pengunjung.

Nah demikian artikel mengenai Penyebab Blog Sepi Pengunjung atau Trafik Blog Menurun dari saya. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel