Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Operator Lain Agar Tidak Kena Blokir

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel dan Operator Lain Agar Tidak Kena Blokir

Registrasi Ulang Kartu Prabayar Semua Operator - Mungkin sudah banyak di antara kita yang mengetahui peraturan yang akan diberlakukan oleh KOMINFO Per 31 Oktober 2017 mendatang yang mengharuskan seluruh pelanggan kartu prabayar di seluruh Indonesia untuk melakukan registrasi ulang. Beberapa hari yang lalu juga sudah beredar broadcast message dari KOMINFO yang berisi kurang lebih seperti ini "Per 31 Oktober 2017 Pelanggan wajib daftar ulang kartu prabayar dengan validasi No Induk Kependudukan dan KK.

Jika anda belum mendapatkan pesan singkat seperti diatas bukan berarti Anda aman dari sistem registrasi ulang kartu prabayar yang Anda miliki. Karena pada faktanya setiap penduduk yang ada di Indonesia memang di wajibkan untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar tanpa terkecuali. Baik anda sudah menerima sms maupun belum menerima sms anda tetap diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar anda.


Alasan Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar

  1. Cegah Terorisme
  2. Cegah Kejahatan
  3. Tanggulangi HOAX
  4. Tumbuhkan Perekonomian
  5. Amankan Transaksi Non Tunai
Jika kita melihat hal-hal yang mengacu pada alasan validasi data di atas memang mendatangkan banyak hal positip bagi para pengguna. Mungkin anda juga pernah mendapatkan sms dari nomor yang tidak dikenal seperti " Selamat nomor anda mendapatkan hadiah bla-bla " , " Silahkan kirim uangnya ke nomor rekening bla-bla-bla ". Ya sms-sms penipuan seperti di atas lah yang akhirnya akan segera di atasi dengan diberlakukannya registrasi ulang kartu prabayar ini.

Dengan begitu setiap pemilik kartu sim prabayar akan benar-benar mempertanggung jawabkan atas pemakaian kartu sim yang ia miliki. Yang mudah-mudahan dengan begitu tidak akan ada lagi sms penipuan dan korban baru lagi.

Namun tidak sedikit juga yang masyarakat yang mengeluhkan akan adanya registrasi ulang kartu prabayar ini. Karena dianggap terlalu ribet lah, inilah, itulah. Padahal ini juga untuk keselamatan dan kepentingan bersama loh.

Dan jika Anda tetap ngeyel tidak mau melakukan registrasi ulang kartu prabayar anda maka bersiaplah kartu prabayar anda akan terblokir dan tak bisa bangkit lagi. Ya, tidak bisa untuk melakukan panggilan telepon, sms dan internet.

"Seperti yang dilansir dari http://tekno.liputan6.com/ Data kependudukan yang digunakan memang hanya nomor NIK dan nomor KK, tapi operator mendesain sistem di dalamnya sehingga format bisa berbeda. Nanti tanggal 30 Oktober, operator akan melakukan broadcast tata cara registrasi sehingga pengguna bisa mengikutnya," paparnya.

Lalu bagaimana cara melakukan registrasi ulang ini?

Sebelum melakukan registrasi ulang ada beberapa hal yang anda siapkan, antaralain:
  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Paspor / Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) / Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) (bagi warga negara asing)

Langkah Melakukan Daftar Ulang Kartu Prabayar

Sebenarnya cara untuk melakukan registrasi ulang ini hampir setiap provider itu sama. Mungkin hanya ada sedikit perbedaan di format sms yang harus dikirim ke 4444. Berikut ini adalah format sms daftar ulang bagi pelanggan baru dan pelanggan lama untuk masing-masing provider:

Pelanggan Baru:

Berikut ini adalah tata cara registrasi kartu sim prabayar bagi pelanggan baru

1. Indosat, Smartfren, Tri

NIK#NomorKK# kirim ke 4444

2. XL Axiata

Daftar#NIK#Nomor KK kirim ke 4444

3. Telkomsel

Reg(spasi)NIK#NomorKK kirim ke 4444

Jika diatas adalah format untuk pelanggan baru, maka berikut ini adalah format untuk pelanggan lama.

Registrasi Pelanggan Lama

Nah dibawah ini adalah format sms untuk pelanggan lama untuk melakukan registrasi ulang kartu sim prabayar

1. Indosat, Smartfren, dan Tri

ULANG#NIK#NomorKK# kirim ke 4444

2. XL Axiata kirim ke 4444

ULANG#NIK#NomorKK kirim ke 4444

3. Telkomsel

ULANG(spasi)NIK#NomorKK kirim ke 4444

Bagaimana sobat? Sangan mudah bukan Cara Registrasi Ulang Pelanggan Prabayar ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar