6 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri atau Force Close

Halo sobat selamat datang kembali di blog panduanric. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara mengatasi game android keluar sendiri secara tiba-tiba. Masalah ini sering kali kerap terjadi pada para pengguna Smartphone pada saat mereka sedang asik membuka game maupun aplikasi lain dan tiba-tiba aplikasi tersebut mengalami force close atau keluar dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri atau Force Close

Satu dua kali mengalami force close saja rasanya gedek setengah mati, apa lagi jika masalah ini sering kali terjadi saat membuka game atau aplikasi tertentu yang sebenarnya kita benar-benar ingin memainkannya. Ya, saya sudah tau bagaimana rasanya sobat tidak perlu menjelaskan perasaan sobat.

Seperti yang kita tau bahwasanya akhir-akhir ini semakin banyak saja aplikasi-aplikasi baru serta game-game baru dengan kualitas yang keren dan juga game play yang sangat memukau. Namun tentu saja game-game tersebut memiliki ukuran atau size yang sepadan dengan kualitasnya. Semakin keren game atau aplikasinya biasanya ukurannya akan semakin membengkak.

Nah hal itulah yang biasanya mempengaruhi tidak lancarnya suatu aplikasi atau game yang berjalan pada suatu perangkat smartphone. Karena semakin berkualitas gamenya tentu saja akan membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni pula. Jika spesifikasi smartphone yang digunakan tidak mumpuni biasanya akan sangat sering terjadi yang namanya game force close itu tadi.

Mengatasi Game Android Sering Keluar Sendiri atau Force Close


Untuk mengatasi permasalahan diatas, mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantu sobat-sobat semua dalam pemecahan permasalahan force close itu tadi.

1. Download dan Install Game atau Aplikasi Langsung dari Google Play

Biasanya hal ini sering kali diabaikan. Padahal selain menjaga game agar berjalan dengan sesuai keinginan pada sebuah smartphone, mendownload langsung melalui play store juga dapat menghindarkan smartphone sobat dari virus-virus berbahaya yang ada diluaran sana.

2. Sesuaikan dengan Spesifikasi Smartphone

Nah ini sudah sempat saya bahas diatas. Bahwa menyesuaikan game atau aplikasi lainnya dengan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone itu sendiri sangatlah penting. Ini juga sering kali yang menjadi masalah utama mengapa game sering mengalami force close. Karena pada dasarnya smartphone belum memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk memainkan game tadi namun tetap dipaksakan, ya tidak akan berjalan dengan baik dong.

Spesifikasi yang dimaksud disini adalah penyesuaian GPU dan RAM yang dimiliki oleh smartphone Anda dengan game yang akan Anda mainkan melalui smartphone itu tadi.

3. Bebaskan atau Clear RAM

Ini juga sering kali kerap diabaikan oleh para pengguna smartphone. Memang lupa atau hanya lalai untuk membersihkan atau membebaskan RAM dapat menjadi penyebab aplikasi juga menjadi force close karena telah banyak sampah yang telah menumpuk. Mulai sekarang cobalah untuk rajin-rajin membersihkan RAM anda melalui menu security atau task manager.

4. Aktifkan Koneksi Internet Kamu

Jika sebelumnya game anda keluar sebab koneksi internet yang lambat maka kamu bisa putuskan dan hubungkan kembali koneksi internet anda. Carilah lokasi dengan mutu sinyal yang bagus dan tak terputus – putus. Jika tersedia area Wifi, coba kamu hubungkan dengan WIfi yang anda, mungkin itu lebih tidak lambat dibanding data internet anda.

5. Hapus Cache Game

Yang satu ini juga sering menjadi kendala dari game yang tiba-tiba keluar dengan sendiri. Jadi cache disini bisa dikatakan sebagai sampah sistem yang lama kelamaan akan menumpuk jika tidak dibersihkan.

Hal yang paling penting supaya smartphone android anda tetap maksimal saat menjalankan game adalah membersihkan arsip sampah atau arsip cache pada perangkat Android anda.

File sampah yang menumpuk pada memori Internal akan membuat performa smartphone menurun. Selain itu, membersihkan arsip sampah juga bakal membuat Game terhindar dari force close dan macet sampai – sampai. Untuk membersihkan arsip cache game, kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi yang mau dibersihkan » Kemudian tap “Hapus Cache”.
Untuk metodenya biasanya setiap smartphone memiliki metode yang sedikit berbeda namun tidak jauh atau tetap mirip-mirip saja dengan metode yang saya berikan diatas.

6. Update atau Perbarui versi Game

Yang satu ini juga sering kali diabaikan oleh banyak pengguna android. Padahal adanya update pada game terbaru tadi adalah memberikan pembaruan dan pemecahan solusi pada versi yang sebelumnya.

Untuk itu jika memang ada update versi terbaru dan anda belum memperbaruinya silahkan segera untuk melakukan update atau pembaruan pada game yang bersangktan.

Update game tak cuma mendapatakan fitur terbaru saja, tapi kerusakan atau bugs yang ada di game tersebut juga bakal diperbaiki. Untuk itulah kamu perlu melakukan update pada game android kamu supaya nantinya game tak keluar sendiri dan tak menampilkan pesan pop up error.

Demikian ulasan singkat mengenai Langkah-langkah Mengatasi Game Android Keluar Sendiri, Force Close, dan Berhenti Tiba – Tiba, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Tulis melewati kolom komentar dibawah ini jika ada yang mau ditanyakan atau mau menambahkan sesuatu. Selamat mencoba dan moga-moga sukses!!

Sumber Referensi : duniawp.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri atau Force Close"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel