Perbedaan Hard Reset Dengan Factory Reset Pada Android

Perbedaan Hard Reset Dengan Factory Reset Pada Android

Halo sahabat selamat datang di blog panduanric. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sobat sebuah pengertian mengenai apa perbedaan dari hard reset dengan factory reset pada android. Nah untuk kalian yang sudah terbiasa dalam urusan oprek-oprek system ponsel khususnya android tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang bernama hard reset dan factory reset ini.
Perbedaan Hard Reset Dengan Factory Reset Pada Android
image: pixabay
Walaupun sering mendengar istilah ini, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui perbedaan dari keduanya bahkan ada pula yang beranggapan bahwa keduanya memiliki arti yang sama. Jika dilihat sekilas memang hard reset dan factory reset ini memiliki fungsi yang sama yaitu mengembalikan data system kesetelan pabrik. Namun faktanya keduanya memiliki perbedaan.

Nah untuk itulah disini saya akan memberikan kalian semua sebuah artikel khusus yang akan membahas tentang apa si perbedaan hard reset dan factory reset pada android ini. Tanpa panjang lebar lagi mari kita pecahkan masalah ini bersama-sama.

Perbedaan Hard Reset Dengan Factory Reset

#1 Hard Reset
Hard reset sendiri memiliki pengertian untuk mengembalikan smartphone pada posisi setelan pabrik. Untuk melakukan hard reset membutuhkan sebuah trik yaitu melalui beberapa kombinasi tombol sehingga masuk kedalam mode recovery. Nah untuk kombinasi tombolnya sendiri setiap android memiliki kombinasi yang berbeda-beda gan. Namun pada umumnya yang digunakan adalah kombinasi tombol volume up + power ataupun tombol volume down + tombol power. Dan pada samsung biasanya ada tambahan kombinasi tombol yaitu tombol home, jadi seperti ini volume up + home + power.
Baca JugaCara Reset Advan S5E nxt
Dengan melakukan hard reset ini maka secara otomatis semua data yang ada pada android akan hilang termasuk aplikasi dan game yang telah kita install. Sebenarnya hampir sama dengan factory reset, hanya saja hard reset ini digunakan ketika kalian tidak dapat masuk ke dalam menu android karena beberapa kendala misalnya Lupa Pola. Dengan melakukan hard reset maka kalian juga dapat mengatasi masalah yang sering terjadi seperti lupa pola.

#2 Factory Reset
Sama-sama untuk mengembalikan android kepengaturan system, hanya saja bedanya disini factory reset tidak membutuhkan kombinasi tombol melainkan menggunakan beberapa menu. Nah menu-menu yang dibutuhkan biasanya adalah Setting – Backup & reset – Factory data reset – Reset phone – Erase everything.

Dengan melakukan erase everything ini berarti kalian telah memerintahkan system android kalian untuk kembali ke setelan pabrik atau setelan android yang seperti baru lagi. Dengan pengertian ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa factory reset ini dilakukan ketika android itu sendiri tidak memiliki kendala seperti bootloop, lupa pola, lupa pin dan lain sebagainya.

Kesimpulannya: Hard reset dan factory reset adalah dua jenih system operasi yang memiliki kesamaan arti dan guna yaitu untuk mengembalikan android ke setalan pabrik. Bedanya adalah, Hard reset dilakukan ketika android memiliki kendala tidak dapat mengakses menu sedangkan Factory reset adalah kebalikannya.

Itulah sekilah tentang Perbedaan Hard Reset Dengan Factory Reset Pada Android yang dapat saya infokan kepada sobat-sobat pembaca panduanric. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk sobat-sobat semuanya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar