Dampak Positif dan Negatif Setelah Root Android

Rotting merupakan sebuah aktivitas dimana seseorang ingin Androidnya memiliki kebebasan dalam beroprasi serta menginginkan kebebasan pengguna dalam mengoperasikan ponsel miliknya. Ponsel yang sudah memiliki akses root akan lebih memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan ponsel yang operasi sistemnya masih bawaan dari pabrik. Oleh sebab itulah banyak pengguna Android yang ingin melakukan rooting pada Android yang mereka miliki.

Dampak Positif dan Negatif Setelah Root Android

Dengan melakukan rooting maka pengguna akan lebih leluasa dalam memodifikasi tampilan android mereka serta dapat memasang berbagai aplikasi yang tidak bisa dipasang oleh pengguna android yang belum memiliki akses rooting.

Namun segala aktivitas ataupun kegiatan apapun itu pastinya memiliki dampak positif serta dampak negatifnya ya sobat. Nah berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif setalah melakukan root android.

Keunggulan Android yang Telah di Root


Baiklah kita akan berbicara tentang keunggulan android rooted terlebih dahulu.

1. Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan
Seperti yang kita tau, terkadang banyak aplikasi bawaan pabrik di dalam sebuah ponsel android yang sebenarnya tidak begitu penting untuk kita atau bahkan tidak pernah kita gunakan sama sekali. Dengan begitu jelas saja aplikasi ini akan menyita tempat penyimpanan di android yang kita miliki.

Sedangkan untuk android yang belum memiliki akses rooted aplikasi bawaan ini tidak akan dapat dihapus. Sebaliknya untuk android yang sudah memiliki akses root dimana kita dapat menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak begitu penting tadi.

Itulah sebab pertama mengapa rooting bisa dikatakan sebuah kebebasan dalam kepemilikan sebuah ponsel android.

2. Overclocking dan Underclocking
Yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki perangkat android dengan spesifikasi yang pas-pasan saja. Untuk main game dikit lemot, untuk ini itu dikit lemot. Jika android kalian sudah memiliki akses root maka kalian dapat mencoba sebuah sistem yang dinamakan Overclocking.

Overclocking adalah sebuah aktivitas yang dapat meningkatkan performa android yang kalian miliki namun dengan catatan kalian akan lebih cepat kehabisan daya baterai.

Sekarang kita beralih untuk membahas mengenai Underclocking. Yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang sering mengeluh dengan android kalian yang dirasa sangat boros dengan daya baterai.
Dengan melakukan Underclocking maka daya baterai kalian akan menjadi lebih irit, namun performa android kalian juga akan menurun.

Maka saya sarankan, hanya lakukanlah Underclocking ini jika ponsel kalian memang sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni atau tidak lemot.

Karena jika ponsel kalian dari awalnya sudah memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni dan kalian melakukan melakukan Underclocking maka siap-siap saja kalian merasakan bertambah lemotnya ponsel kalian.

3. Percantik Tampilan Sistem
Nah yang satu ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang memutuskan untuk melakukan rooting pada android yang mereka miliki. Dengan melakukan rooting pada android kalian, maka kalian akan berkesempatan untuk lebih mempercantik tampilan android yang kalian miliki.

Salah satu contoh memodifikasi tampilan SystemUi yang dapat merubah keseluruhan dari tampilan system android kalian menjadi lebih cantik dan gagah.

Atau kalian juga dapat mempercantik tampilan android kalian dengan melakukan Custom ROM.

4. Install Aplikasi Keren
Banyak aplikasi-aplikasi keren yang dapat kalian install setelah android kalian memiliki akses rooting. Salah satu contoh adalah Titanium Backup, aplikasi yang dapat melakukan backup dari keseluruhan isi dari ponsel android kalian misalnya aplikasi. Atau Xmod Game yang dapat kalian manfaatkan untuk mempemudah aktivitas kalian dalam bermain game.

Kerugian Setelah Root Android

Seperti yang sudah saya katakan diatas. Jika ada kelebihan maka pasti ada kekurangan atau kerugiannya. Berikut ini adalah beberapa kerugian setelah kalian melakukan root pada android:

1. Garansi Hilang
Ini adalah masalah yang paling utama dimana jika ponsel android kalian masih dalam keadaan memiliki garansi. Garansi ponsel kalian akan hilang atau tidak berlaku setelah kalian melakukan rooting pada android yang kalian miliki.

Itu berarti, kalian harus siap modal untuk melakukan service sendiri jika suatu saat ponsel kalian mengalami maslah dengan ponsel kalian.

2. Overheating
Selanjutnya adalah, perangkat yang sudah dalam posisi rooted lebih berpotensi mengalami Overheating atau panas yang berlebih.

Overheating sendiri terjadi ketika perangkat dipaksa untuk bekerja lebih dari kemampuannya sehingga kipas atau pendingin yanh ada pada ponsel tidak sanggup untuk mengimbanginya.

Penutup:
Meskipun dalam melakukan rooting ada beberapa kerugiannya, namun saya tetap lebih memilih untuk melakukan rooting pada ponsel android yang saya miliki.

Mengapa demikian?
Karena saya membeli perangkat ini untuk saya miliki sepenuhnya. Jadi saya juga menbutuhkan kebebasan dalam menggunakannya tanpa ada batasan-batasan apapun dari pabriknya.

Walaupun begitu, semuanya kembali kepada pemilik masing-masing. Jika kalian tidak yakin dan ragu dalam melakukan rooting pada android kalian ya jangan dilakukan. Ya, sesimple itu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Setelah Root Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel