Hati-hati Ransomware ini menyamar sebagai Halaman Web WhatsApp

Hati-hati Ransomware ini menyamar sebagai Halaman Web WhatsApp

Seperti yang kita ketahui,beberapa hari terakhir ini sedang trend tentang sebuah virus bernama Ransomware. Virus ini beroprasi pada windows dengan cara mengunci sebuah komputer atau laptop sehingga pengguna tidak dapat mengakses pc atau laptopnya sama sekali. Jika pengguna ingin PC atau Laptopnya dapat kembali diakses, maka pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang bernilai $300 dalam bentuk Bitcoin.


Ada kabar baru bahwa sang peretas masih beruha mencoba untuk menyelundup dengan modus baru yaitu, Contoh kasusnya, sepertinya ada link Whatsapp palsu yang beredar di internet. Dalam kasus ini peretas mencoba untuk mengelebahui pengguna dengan modus bisa mengubah tema atau tampilan dari whatsapp dengan cara mengakses sebuah link URL.

Berikut adalah link yang tidak boleh Anda akses jika Anda melihatnya di manapun tempatnya:


Jika kita perhatikan pada tulisan alamat url tersebut tampak ada yang aneh dalam kata "Whatsapp" yang ditulis dengan Cyrillic dan tampak huruf abjad yang tidak sewajarnya.


Dengan mengklik link diatas, maka pengguna akan diarakan kesebuah situs web dengan kedok promosi tema whatsapp yang dapat diaktifkan secara gratis oleh pengguna. Setelah itu pengguna akan diminta untuk menyebarkan situs web tersebut ke sosial media miliknya untuk melakukan verifikasi tema atau tampilan baru.

Nah pada akhirnya, website tersebut kemudian akan meminta pengguna untuk memasang sebuah adware yang disamarkan sebagai ekstensi Google Chrome ke browser mereka.

Saat ini sebagian besar bahaya yang menyertai malware ini telah berhasil dinetralkan oleh Google karena adanya keganjalan dalam tautan Whatsapp yang tidak swajarnya tersebut. Dan sejak saat itu, tautan tersebut terlah ditantai sebagai bahaya oleh google dan ekstensi tersebut telah dihapus oleh google.

Namun kita sebagai pengguna harus tetap hati-hati dan waspada terhadap kasus ini. Jangan sampai kita mengunjungi sebuah situs web yang tidak jelas dengan iming-iming apapun itu untuk menjaga keselamatan data-data penting yang kita miliki.

Selalu perhatikan link situs web yang akan anda kunjungi dengan sangat teliti, karena biasanya akan ada keganjilan dalam penulisan suatu situs web tersebut. Jika dirasa mencurigakan langsung tinggalkan, jangan pernah sesekali untuk mencoba membuka sembarang situ web di Internet, karena bisa jadi itu bahaya untuk data-data penting kita.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar