Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Beberapa dari sobat panduanric ini pasti pernah mengalami dimana merasakan sesuatu yang mengganjal pada Android yang sobat miliki,cepat panas contohnya. Seperti yang sudah tertera pada judul postingan ini, kita akan membahas mengenai masalah android yang cepat panas, entah itu untuk browsing, sosial media, bermain game dan bergam aktivitas lainnya yang dapat dilakukan menggunakan smartphone Android.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Sebelum melanjutkan pembahasan kita kali ini, sebenarnya ada beberapa fakta yang ingin saya sampaikan kepada sobat semua.

Sebenarnya permasalahan Android cepat panas ini adalah suatu hal yang wajar,mengingat smartphone Android adalah ponsel cerdas dengan banyak kemampuan. Smartphone mudah panas ini sendiri bukan karena kualitasnya jelek ataupun karena smartphone android tersebut murahan.

Banyak kok smartphone Android dengan harga yang mahal sekalipun masih mengalami masalah yang sama seperti kita yang menggunakan smartphone Android kelas bawah.

Pada umumnya panas yang timbul pada sebuah smartphone itu ditimbulkan dari baterai yang ada pada smartphone itu sendiri. Baterai smartphone akan mengalami pemanasan apabila sobat menggunakan Android sobat untuk aktivitas secara terus menerus seperti, bermain game, melakukan panggilan entah itu telponan ataupun video call, mengaktifkan fitur GPS dan lain-lain.

Penyebab Android Cepat Panas

Nah ada beberapa penyebab yang umum yang biasanya akan menyebabkan android milik sobat menjadi cepat panas,beberapa penyebab umut tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kekuatan Sinyal Tidak Stabil
Status sebuah jaringan yang tidak stabil adalah faktor yang bisa membuat Android yang kita miliki. Karena Android membutuhkan sebuab jaringan / signal untuk bisa menunjang aktivitas kita menggunakan Android seperti, telpon, bermain game online, chatting dan lain sebagainya.

Ketika kondisi sebuah jaringan tidak stabil, namun kita tetap memaksakan Android kita tetap melakukan aktivitas yang membutuhkan kekuatan jaringan, maka secara otomatis kita juga akan memaksakan Android untuk bekerja lebih ekstra dalam mencari sebuah jaringan terbaik yang ada.

Hal inilah yang membuat Android menjadi lebih cepat panas serta biasanya baterai tidak akan bertahan lebih lama.

2. Penggunaan yang Terlalu Over
Disadari atau tidak, biasanya ketika seseorang sudah asik beraktivitas dengan ponsel Androidnya seperti, bermain game dan beragam aktivitas lainnya akan ada titik dimana yang namanya lupa waktu.

Ketika lupa waktu, maka secara otomatis mereka akan menggunakan Android miliknya secara berlebihan atau bisa dikatakan melibihi batas waktu penggunaan smartphone.

Hal itu akan memicu masalah yang sama yaitu, Android akan menjadi cepat panas karena beberapa komponen pada smartphone telah diporsir untuk bekerja lebih ekstra.

3. Kebanyakan Aplikasi Berjalan
Hal ini juga kerap kali diabaikan oleh para pengguna Android. Aplikasi yang berjalan secara otomatis seperti, aplikasi sosial media akan membuat android kalian cepat panas dan akan lebih cepat kehabisan daya baterai.

4. Baterai Android Sudah Tua / Rusak
Nah penyebab lainnya terletak pada baterak Android itu sendiri. Seperti yang sudah sempat kita singgung sedikit diatas, panas pada Android ini umumnya disebabkan oleh memanasnya baterai Android itu sendiri.

Sehingga ketika kondisi baterai sudah bisa dibilang buruk, maka tidak menutup kemungkinan Android kalian akan mudah mengalami yang namananya cepat panas dan cepat kehabisan daya baterai.

Mengatasi Android yang Cepat Panas

Ok, setelah kita mengetahui apa saja si penyebab Android cepat panas? Kini saatnya kita menuju pada topik utama pembahasan kita kali ini.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat kalian coba untuk mengatasi Android kalian yang dirasa cepat panas.

1. Pastikan Kondisi Baterai Masih Baik
Hal utama yang harus kalian lakukan adalah memastikan bahwa kondisi baterai pada Android kalian memang masih bagus.

Untuk mengetahui kondisi baterai masih bagus atau tidaknya kita bisa menggunakan cara yang paling umum yaitu:
  • Perhatikan fisiknya, jika fisik sudah kembung dapat dipastikan baterai tersebut sudah waktunya diganti yang baru
  • Perhatikan kekuatan baterai. Kekuatan yang dimaksud disini bukan kekuatan fisik baterai ya sob, jangan tes dengan cara menggigit atau melemparkan ke kepala orang lain, pokoknya jangan. Yang dimaksud disini adalah, coba perhatikan ketahanan baterai kalian, jika dirasa memang sudah sangat boros atau cepat habis, ada baiknya kalian pikirkan untuk mengganti baterai Android kalian.
2. Jangan Gunakan Android ketika di Charge
Hayo ngaku siapa disini yang sering menggunakan Androidnya untuk beraktivitas seperti ngegame dan lainnya saat kondisi Hp masih di charge?

Mulai saat ini stop kebiasaan tersebut sob jika kalian masih sayang dengan Android kalian.

Melakukan aktivitas pada Android saat kondisi di charge dapat menyebabkan kerusakan pada komponen baterai Android kalian. Akibatnya, hp lebih cepat panas dan juga daya tahan baterai serta kesehatan baterai akan memburuk jika hal ini sering kali dilakukan.

3. Matikan GPS Jika tidak Begitu di Pentingkan
Mungkin yang satu ini lebih berpengaruh terhadap ketahanan baterai supaya bisa bertahan lebih lama. Namun faktanya cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi Android yang mudah panas.

Ketika GPS aktif dan jaringan data pada ponsel aktif, maka secara otimatis gps ini akan memperbarui setiap lokasi dimana anda berada saat ini. Sehingga hal ini dapat menyebabkan ponsel anda bekerja lebih giat yang menyebabkan android anda akan lebih mudah panas. So, matikanlah saja fitur GPS ini jika memang tidak begitu diperlukan.

4. Pakasa Berhenti Aplikasi Berjalan yang tidak Dibutuhkan
Kembali saya singgung, aplikasi berjalan ini dapat membuat android kalian cepat panas dan juga menguras isi baterai anda secara diam-diam.

Untuk itu ada baiknya memaksa berhenti beberapa aplikasi berjalan pada android kalian yang memang tidak dipentingkan pada saat itu.

Untuk memaksa berhenti aplikasi berjalan ini caranya cukup mudah, silahkan masuk ke menu setelan > aplikasi > menjalankan kemudan silahkan klik aplikasi yang akan dipaksa berhenti, lalu akan ada menu paksa berhenti.

5. Berikan Android kalian Waktu Istirahat
Ini adalah langkah terakhir yang harus kalian lakukan untuk mengatasi android yang panas.

Istirahatkanlah dengan cara, tidak menggunakan ponsel android kalian dalam beberapa waktu kedepan, bila perlu aktifkan mode pesawat atau matikan ponsel kalian.

Hali ini lakukan untik menetralisir kinerja dari android yang kalian miliki supaya lebih frees saat digunakan kembali nantinya.

Itulah tips dari saya tentang cara mengatasi android yang cepat panas. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada sobat sekalian.

Salam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel