6 Cara Tepat Mengatasi Android Lemot

6 Cara Tepat Mengatasi Android Lemot

Smartphone Android merupakan sebuah perangkat genggam yang saat ini banyak diminati para penghuni bumi. Sesuai dengan namanya Smartphone,Android merupakan perangkat pintar yang hampir bisa melakukan apapun yang diperintahkan oleh pemiliknya. Seperti cek email,mendengarkan musik,internet,bermain game,fotografi,dan masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan.

Cara Tepat Mengatasi Android Lemot
Android Logo
Namun faktanya dibalik semua kepintaran perangkat yang satu ini masih saja memiliki beberapa kelemhan seperti,lambatnya kinerja perangkat android saat membuka sebuah aplikasi ataupun perpindahan atar layar yang terasa begitu lambat.

Selain itu,ternyata jika perangkat Android sudah mulai melambat maka perangkat Android tersebut akan terasa sedikit lebih panas atau bahkan bisa jadi menjadi sangat panas. Tentunya hal ini akan sangat menganggu aktivitas kita saat sedang memainkan perangkat Android yang kita punya.

Dan hal inilah yang banyak dikeluhkan banyak pengguna smartphone Android ini. Lalu apakah kita harus mengganti perangkat Android kita dengan Android yang baru dan disertai dengan teknologi yang lebih canggih lagi? Jawabannya tidak perlu.

Karena disini kita akan membahas tentang cara mengatasi Android yang cepat panas dengan cara yang tepat dan efektif tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot


1. Hapus Aplikasi yang Tidak Begitu Penting

Tidak bisa dipungkiri,ketika seseorang menggunakan Android tentunya akan dihadapkan dengan aplikasi-aplikasi baru yang membuat penggunakan penasaran untuk mengunduhnya dan menginstall dalam smartphone Android miliknya.

Ternyata setiap kita menginstall sebuah aplikasi dalam Android yang kita miliki,maka data aplikasi tersebut akan tersimpan dalam app drawer yang akan membuat kinerja Android melambat dikarenakan aplikasi tadi akan memakai sumber CPU dan akan berjalan di background ponsel.

Selain masalah diatas,aplikasi yang kita install tadi akan memakan ruang penyimpanan Internal Android. Itulah hal pertama yang dapat membuat Android anda terasa lemot. Nah cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah kok guys. Silahkan un-install beberapa aplikasi yang tak terpakai,kemudian jika Anda ingin menggunakannya kembali ya tinggal download lagi di Google Play,ya sesimpel itu kok.

2. Rajin Membersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Selanjutnya adalah membersihkan ruang penyimpanan Internal atau memori telepon. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk membersihkan beberapa file yang memang sudah tidak terpakai dalam memori Internal. Karena jika kita biarkan menumpuk begitu saja maka yang terjadi adalah ruang penyimpan internal akan menjadi semakin sempit dan ini berimbas pada kinerja android yang kita miliki.

Contoh simpelnya Anda pernah mendownload sebuah film atau file apapun itu di Internet? Nah biasanya file ini tadi akan langsung tersimpan pada folder download yang ada di memori Internal. Jika Anda tidak menghapus atau memindahkan file yang telah di download tadi maka yang terjadi adalah ruang penyimpanan Internal akan menjadi semakin sempit dan akan memperlambat kinerja Android Anda.

Langkah terbaik jika Anda tidak ingin menghapus file yang telah didownload tadi adalah dengan cara memindahkannya ke memori card. Hal ini akan lebih efektif karena selain anda tidak kehilangan file tadi Android Anda juga akan lebih fress sehingga bisa bekerja lebih leluasa.

3. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper atau wallpaper bergerak memang menarik untuk dilihat. Namun faktanya hal ini justru dapat memperlambat kinerja smartphone yang kita miliki. Live Wallpaper akan menyita lebih banyak kinerja pada Android karena sifatnya yang selalu berubah-ubah. Alhasil Android akan bekerja lebih giat dan tidak menutup kemungkinan semakin lama Android akan menjadi semakin lemot.

Selain membuat Android lemot,live wallpaper ini juga akan memakan kosumsi daya baterai yang lebih jika dibandingkan dengan wallpaper yang biasa. Untuk itu alngkah baiknya Anda menggunakan wallpaper yang hanya berfokus pada satu gambar saja.

4. Mengurangi Widget

Mungkin widget akan terasa penting untuk beberapa orang sehingga akan sangat disayangkan untuk menghilangkan-nya.

Namun yang perlu Anda ketahui disini adalah,faktanya widget-widget ini tadi juga dapat memperlambat kinerja Android yang sobat miliki. Hal ini disebabkan karena ketika data Internet pada Android yang Anda miliki aktif maka secara otomatis widget-widget ini tadi akan langsung berjalan secara bersamaan.

Contoh simpelnya kalian memasang widget cuaca di Android kalian,maka secara otomatis ketika data aktif widget ini akan langsung mencari pembaruan cuaca terkini,begitu juga dengan widget-widget yang lainnya.

Alhasil, karena widget tadi akan berjalan secara bersamaan maka otomatis RAM yang terpakai pada Android pun akan semakin banyak. Iya kalau kapasitas RAM Android kalian mumpuni,kalau kapasitas RAM-nya hanya pas-pasan tentunya hal ini sangat disayangkan. Karena yang seharusnya RAM tadi bisa digunakan untuk menjalankan yang lain, ini sudah habis dimakan untuk menjalankan widget saja.

Sehingga ketika kalian ingin melakukan aktivitas lain dengan Android kalian akan terasa sangat lambat atau lemot karena ruang RAM sudah dihabiskan oleh widget-widget tadi. So, sudah tau kan apa yang harus kalian lakukan? Ya,kurangi widget atau hapus saja widget-widget tadi.

5. Cukup Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Tidak sedikit pengguna Android yang bingung untuk memilih aplikasi Antivirus,alhasil mereka akan menginstall lebih dari satu aplikasi Antivirus di Androidnya. Padahal hal ini sangat disayangkan.

Pada dasarnya,aplikasi Antivirus ini mirip dengan aplikasi sistem bawaan Android,dimana aplikasi ini akan selalu berjalan di background. Dengan begitu kapasitas RAM yang makan juga akan semakin banyak dan sudah bisa ditebak apa yang akan terjadi,ya Android akan menjadi semakin lemot.

Untuk itu silahkan install saja cukup satu Antivirus pada Android kalian. Sebenarnya pada Android sendiri sudah dibekali antivirus dari sononya, dan sebenarnya tanpa harus kita menginstall aplikasi Antivirus tambahan pun tidak akan menjadi masalah,saya sendiri tidak memakai aplikasi antivirus tambahan di Android saya. Dan hasilnya Android saya masih tetap aman serta tidak kehilangan banyak kapasitas RAM yang terpakai.

6. Factory Reset

Nah ini adalah langkah terakhir yang dapat Anda lakukan jika beberapa cara diatas dirasa belum juga bekerja dengan maksimal.

Yang perlu menjadi catatan khusus sebelum melakukan cara ini adalah,setelah Anda melakukan factory reset ini makan Android Anda akan kehilangan semua data yang ada pada memori Internal seperti,aplikasi yang sudah download,akun gmail,kontak,foto atau video dan file lain yang ada pada internal memori.

Ponsel akan kembali seperti baru lagi,tidak ada data apapun dalam internal memori,akun gmail yang sudah Anda buat juga akan hilang. Namun semua update software yang sudah Anda lakukan tidak akan ikut terpengaruh.

Untuk itu saya sarankan sebelum Anda melakukan cara ini alngkah baiknya Anda mem-back-up seluruh data yang menurut Anda penting. Sehingga nanti ketika ponsel sudah sukses di reset Anda bisa mengembalikan data penting tadi dengan mudah.

Untuk melakukan factory reset cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka Setting ponsel. Kemudian pilih menu Backup & Reset dan temukan menu Factory Data Reset.

Nah itulah 6 langkah yang dapat mengatasi android lemot dari panduanric. Silahkan langsung saja Anda praktekan dan lihat hasilnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan terhadap masalah android lemot yang sedang anda alami.
Advertisement

Baca juga:

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar